Candi Selogriyo Magelang


Candi Selogriyo adalah sebuah peninggalan purbakala di Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-9 M, pada masa Kerajaan Mataram Kuna.

Candi Selogriyo berada di lereng timur kumpulan tiga bukit, yakni Bukit Condong, Giyanti, dan Malang, dengan ketinggian 740 mdpl. Secara administratif, candi ini berada di Desa kembangkuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang.
Route yang terdekat adalah jalur Magelang-Bandongan. Sesampai di Pasar Bandongan belok ke kanan menuju kecamatan Windusari. Di sebuah pertigaan terdapat papan petunjuk arah ke candi.

Bila dari arah Semarang akses jalan bisa lewat Kalibening sebelum Pasar Payaman,secang sisi kanan jalan.jalan lurus kurang lebih 5 km sampai di pertigaan windusari yang ada tugu windusari.ambil arah kiri menuju Bandongan.sampai di pertigaan kecil ada papan petunjuk candi ikuti arah jalan ke kanan dan sedikit menanjak.motor masih tetap aman melewati jalanan candi selogriyo.sampai di pos tiket ambil tiket dan bayar lanjut kembali.kendaraan masih bisa sampai di gerbang bawah pintu masuk Candi Selogriyo.

Comments

Popular Posts